Kediri: Kota dan Kecamatan




Kediri adalah sebuah kota  di provinsi jawa timur, Indonesia. Berdasarkan jumlah penduduk, kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Kota yang memiliki luas 63.40 km persegi ini terbelah oleh sungai brantas yang membujur dari selatan ke utara sepanjang 7 kilometer, dan seluruh wilayah perbatasan kota ini berbatasan dengan kabupaten Kediri. Kediri dikenal sebagai pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia , dan di kota ini juga pabrik rokok kretek gudang garam berdiri dan berkembang, dan pada tahun 2010 kediri dinobatkan sebagai peringkat pertama Indonesia dalam nominasi “Most Recommended City for Investment”.


Sebagai daerah yang mengelilingi kota Kediri, kabupaten Kediri memiliki luas wilayah yang teramat jauh lebih luas dibanding kota Kediri, yaitu 1.386,05 km persegi. Pusat pemerintahan berada di kota Kediri, meskipun secara de jure ibu kota kabupaten Kediri saat ini berada di kecamatan ngasem. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten jombang (utara), kabupaten malang (timur), kabupaten blitar dan tulungagung (selatan), serta kabupaten nganjuk (Barat dan Utara). Kabupaten Kediri memiliki 26 kecamatan, salah satunya adalah kecamatan Puncu.


Puncu memiliki wilayah yang sebagian besarnya merupakan dataran tinggi sehingga udaranya terasa sejuk. Di kecamatan ini terdapat hutan jatirejo yang dikelola oleh perhutani. Puncu terletak di daerah pegunungan, serta masih belum padat penduduk, sehingga banyak ditemui persawahan di sekitar jalan raya. Masyarakat kecamatan puncu masih sangat membudidayakan gotong royong dan ramah tamah antar tetangga, bahkan mereka sering berkumpul dan membersihkan desa bersama-sama. Selain itu, daerah ini masih kental dengan budaya Indonesia, pagelaran kesenian jawa timur seperti jaranan, reog, wayang, dan campursari masih sering ditemukan disini. Tempat wisata daerah ini terbilang cukup alami, seperti air terjun dan hutan lindung “simpenan”, di hutan lindung ini ditemukan umpak yang diduga peninggalan kerajaan Kediri.

Comments